in

Begini Cara Mengganti Roller Motor Matic Terlengkap

Membersihkan Roller Motor matic agar tahan lama

Centralmotorjambi.com –¬†Bagaimana caranya menjaga motor tetap prima, nyaman digunakan, dan tarikannya makin mantap? Tentunya, dengan memperhatikan detail penting seperti bagian roller motor matic. Bayangkan, apa jadinya jika bentuk roller sudah tak lagi bulat? Nah, saatnya membaca lebih lanjut tentang cara mengganti roller motor matic untuk menjaga performa motor tetap oke. Penasaran? Ayo, temukan jawabannya di bawah ini!

Fungsi Roller Motor Matic

Fungsi Roller Motor Matic terlengkap

Roller pada motor matic ini punya fungsi krusial, yakni memberi tekanan keluar pada variator. Nah, variator ini punya peran besar, lho, dalam membuka dan merubah diameter lingkar lebih besar pada belt drive, yang bikin motor jadi bisa bergerak dengan lancar. Nah, di balik performa variator, ada komponen kunci, yaitu roller.

Bentuk dan bahan roller ini sangat memengaruhi kinerja variator, lho. Roller yang bagus harusnya bentuknya bulat banget, supaya gerakan variator jadi lebih smooth. Kalo udah nggak bulat, sudah waktunya diganti dengan yang baru. Biasanya, roller dibuat dari bahan teflon karena sifatnya yang licin, keras, dan tahan panas.

Meningkatkan Akselerasi dan Top Speed Motor Matic

Roller dapat Meningkatkan Akselerasi dan Top Speed Motor MaticRoller ini bener-bener bisa ngefek ke variable dari variator, lo! Nah, ini berdampak langsung ke performa motor matic, khususnya soal akselerasi dan top speed. Gimana, sih, cara mengoptimalkan dapur pacu motor matic lewat oprek roller? Di situ, kamu bakal dihadapkan sama dua pilihan seru: akselerasi dan top speed.

Kalo kamu sering ngendon di dalam kota, macet-macetan, stop and go terus, dan jaraknya deket-deket, nih, pilihan paling cocok pastiinnya adalah “Akselerasi”. Nah, buat dapetin akselerasi yang makin mantul, roller harusnya punya berat yang lebih ringan. Misalnya, kalo berat standar roller itu 13 gram, coba deh pake yang 12 gram buat dapetin sensasi yang beda!

Tapi, kalo kamu suka jalan-jalan jauh, mungkin touring sama temen-temen, nah, yang kamu butuhin pastiinnya adalah “Top Speed”. Nah, buat dapetin top speed yang oke, ganti aja roller dengan yang lebih berat dari standarnya. Misalnya, dari 14 gram. Seru banget, kan? Jadi, pilihannya ada di tangan kamu, mau yang mana? Akselerasi atau top speed?

Membersihkan Roller Motor matic

Membersihkan Roller Motor matic agar tahan lamaPerlu kamu ketahui juga, guys! Jangan lupa untuk rajin membersihkan komponen roller motor matic ini ya. Cara paling mudah untuk membersihkannya, cuci pakai bensin dan kuas aja. Nggak susah kok, tinggal sikat-sikat aja, buang debu dan kotoran yang nempel. Nah, kalo motor matic kamu butuh pelumasan (grease) buat roller-nya, berarti harus lebih sering diperiksa dan dirawat. Maklum, yang pakai pelumas kan butuh perhatian ekstra. Jadi, jangan lupa ya, jaga roller motor matic kamu dengan baik!

Daftar Berat Roller Motor Matic

Sebagai tambahan, berikut saya informasikan daftar berat roller yang perlu kamu ketahui sebelum menggantinya.

Brand Model Roller (gram)
Yamaha Nouvo 11
Yamaha Soul GT 9.5
Yamaha Mio GT 9.5
Yamaha Mio J 9.5
Yamaha Xeon 10
Yamaha Xeon RC 9.5
Yamaha Mio Soul 10.5
Yamaha Mio Fino 10
Yamaha Mio Sporty 11 (2004-2006)
10.5 (2007)
Honda BeAT 9
Honda BeAT-FI 9
Honda PCX 18
Honda Vario 15
Honda Vario Techno 15
Suzuki Hayate 15
Suzuki nex 10
Suzuki Skydrive 15
Suzuki Spin 12
Suzuki Skywave 15 (sampai 2009)
12 (2010 ke atas)

Cara Mengganti Roller Motor Matic

Cara Mengganti Roller Motor Matic Paling LengkapNah, buat mengganti roller motor matic, gampang banget, guys! Pertama, buka dulu rumah CVT-nya pakai kunci T (10mm) dan kunci T (8mm). Terus, buat ngeluarin puli penggeraknya, tinggal pake baut biasa dan kunci 17 mm. Gak ribet kan? Nah, langsung aja, biar lebih jelas ini dia panduan langkah demi langkah cara mengganti roller motor matic. Dibaca yuk!

  1. Buka Baut sebagai pengunci rumah puli.
    Langkah awalnya, buka dulu baut pengunci rumah puli pakai kunci 17mm, guys. Nah, biar rumah pulinya nggak ikutan berputar, jangan lupa ganjel pakai baut 12mm yang panjangnya 6,5. Letakin tuh baut menghadap crank-case bagian atas. Dijamin, langkah simpel ini bakal bikin prosesnya lebih lancar!

  2. Tarik Bagian Ring Pengganjal Bushing.
    Nah, selanjutnya, tarik keluar bagian ring penganjal bushing dari rumah roller, guys. Ingat, pasang lagi bagian ini setelah proses penggantian roller selesai ya. Yang paling penting, pastikan posisi pasangannya setelah kipas puli keluar. Dengan begini, semuanya akan berjalan dengan mulus!
  3. Cek Kondiri Roller.
    Kalo udah ngejalanin tahap 1 dan 2 dengan sukses, bro, nah, setelah puli terbuka, langsung aja cek kondisi roller. Kalo udah aus atau lebih tepatnya peyang, jangan mikir panjang, langsung aja ganti yang baru yang paling oke. Kita pastiin motor matic kita tetep on top, kan?
  4. Pasang Roller Penggantinya.
    Pasang roller pengganti dengan seksama, guys! Perhatiin banget posisinya. Kalo roller yang sama beratnya, taruh aja di mana aja di got roller. Tapi, kalo mau kombinasi yang pas, letakin roller yang lebih ringan di depan, sebelum roller yang berat. Ingat ya, posisiin roller ringan di sebelah kiri, dan roller berat di sebelah kanan. Dijamin, dapetin kombo yang oke bakal bikin performa motor matic makin maksimal!
  5. Pasang lagi rumah Roller
    Setelah roller baru terpasang dengan sempurna, langkah selanjutnya adalah memasang kembali rumah roller ke posisi semula. Siap-siap merasakan sensasi baru setelah semua selesai, guys!
  6. Perhatikan Kondisi Ring Pengganjal Kipas
    Abis selesai pasangannya, jangan lupa perhatiin juga kondisi ring pengganjal kipas puli bagian luar, ya. Pastiin tiap gigi ring nyangkut rapat di gigi as rumah roller. Dengan begitu, semuanya bakal berjalan mulus dan tanpa hambatan!
  7. Kencangkan Baut Pengunci Rumah Roller
    Setelah merasa semuanya udah oke, langkah selanjutnya adalah mengencangkan baut pengunci rumah roller, bro. Jangan lupa, buat berhentiin putaran, pake lagi baut pengganjal rumah roller. Nah, kali ini, posisikan bautnya menghadap ke crank case bagian bawah. Mantap, kan?Itulah beberapa tips simpel tentang cara mengganti roller di motor matic. Gampang banget, kan?

Nah, semoga info ini bermanfaat buat kalian semua yang sedang nyari cara perbaikan motor matic. Terima kasih sudah mampir di www.centralmotorjambi.com. Oh iya, kalo kalian suka dengan artikel ini, jangan lupa share ke temen-temen kalian di Facebook, Twitter, atau Instagram ya! Biar semua pada bisa dapetin tips keren ini!

Written by Zulhaidir

Memiliki ketertarikan yang kuat terhadap dunia tulis-menulis dan berharap dapat terus berkontribusi dalam menginspirasi pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Motor Terbaru dari Honda 2024 (1)

Motor Terbaru dari Honda 2024, BeAT atau Scoopy 125?

Mengagumkan dan Mewah, Semuanya Ada di Zenbook 14 OLED (UM3402)